Kebiasaan Buruk yang Merugikan Kesehatan


10 kebiasaan buruk yang merugikan kesehatan

1. Melewatkan Sarapan

Sangatlah penting untuk memulai hari Anda dengan sarapan. Namun seringkali beberapa diantara kita melewatkan sarapan karena aktivitas yang padat atau sibuk sehingga tidak sempat melahap sepotong roti atau meminum seteguk susu. Padahal, ketika kita melewatkan sarapan, kita cenderung akan makan dengan porsi yang lebih di waktu setelahnya. Hal ini bisa menyebabkan penambahan berat badan atau bahkan obesitas, sehingga mengganggu proses metabolisme tubuh. Maka dari itu, usahakan agar Anda menyempatkan diri untuk sarapan setiap pagi dengan makanan yang mengandung protein, lemak, dan karbohidrat yang seimbang.

2. Begadang

Apakah Anda pernah begadang untuk mengerjakan tugas yang belum selesai hingga larut malam? Sekali dua kali mungkin tidak apa-apa, namun jika Anda sering melakukannya, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut karena hal itu akan merusak tubuh Anda. Tidur kurang dari 6-8 jam sehari bisa menggangu sistem imun (kekebalan) tubuh serta proses metabolisme, sehingga tubuh akan rentan terhadap penyakit. Maka dari itu, saya menyarankan Anda untuk tidur 7-8 jam setiap malamnya agar bisa bangun dengan tubuh segar dan sehat di pagi hari.

3. Bersedih

Mungkin Anda pernah bersedih karena kehilangan atau frustasi karena sebuah masalah. Namun, tahukah Anda bahwa jika sedih dan frustasi berkepanjangan akan mempengaruhi kesehatan Anda? Kunci dari kesehatan yang baik adalah pikiran yang tenang. Jika pikiran Anda tidak tenang, sistem kekebalan tubuh akan rentan dan menyebabkan gangguan kesehatan seperti stres, sakit kepala, gangguan pencernaan, dll.

4. Terlalu Sering Menonton Televisi

Dulu, sebelum TV di rumah saya rusak, saya sangat sering menghabiskan waktu luang saya dengan menonton TV. Ternyata menonton TV terlalu sering justru berdampak buruk bagi kesehatan. Tidak tanggung-tanggung, serangan jantung, obesitas, bahkan stroke bisa terjadi karena terlalu sering menonton TV. Tidak hanya itu, mata kita pun akan sering sakit dan rentan dari kerusakan.

5. Memakai Sepatu Hak Tinggi

Bagi Anda para wanita, mungkin sepatu hak tinggi adalah sahabat bagi Anda. Karena bisa mempercantik penampilan serta menambah tinggi tubuh secara instan. Namun, tahukah Anda? Gangguan kesehatan seperti masalah persendian, sakit pinggang dan sebagainya bisa terjadi jika Anda terlalu sering menggunakan sepatu hak tinggi. Maka dari itu, sebaiknya Anda kurangi memakai sepatu hak tinggi, dan menggantinya dengan memakai sepatu flat sesekali.

6. Tidur dengan Riasan (MakeUp)

Ini juga, bagi wanita modern masa kini, mungkin riasan (makeup) adalah kewajiban nomor 1 dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, seringkali banyak wanita yang lupa menghapus riasan ketika hendak tidur di malam hari. Hal ini menyebabkan pori-pori kulit wajah tertutup dan mengganggu proses metabolisme ketika tidur. Timbulnya jerawat, kulit wajah kaku adalah akibatnya. Tidak hanya itu, riasan di daerah mata yang tidak dihapus juga bisa menyebabkan iritasi mata.

7. Makan Cemilan yang Tidak Sehat

Kita pasti sering mengkonsumsi makanan ringan ketika waktu santai atau ketika sedang mengerjakan tugas. Ternyata makanan ringan/cemilan yang tidak sesuai juga bisa mengganggu kesehatan. Penyakit seperti diabetes, serangan jantung,dan gangguan pencernaan bisa terjadi karena asupan makanan yang tidak terkontrol.

8. Merokok

Bagi Anda para perokok, Anda pasti sering membaca peringatan bahaya rokok di bungkus rokok. "Merokok Membunuhmu" itu adalah benar! masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, dan sebagainya bisa terjadi karena kebiasaan merokok dan berujung pada kematian. Riset ilmiah menyebutkan, merokok satu batang sehari bisa menimbulkan plak di pembuluh darah sehingga menyebabkan pembekuan darah dan menghambat aliran darah. Selain mengganggu kesehatan pribadi, orang-orang di sekitar perokok juga ikut terkena dampak oleh asap yang dihembus perokok.

9. Sering Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji yang saya maksud disini adalah makanan di restoran cepat saji yang mengandung lemak trans, gula, dan bahan pengawet. Jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan atau terlalu sering dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan penyakit seperti kolesterol tinggi, dan serangan jantung. Maka dari itu, sebaiknya Anda menghindari atau mengurangi mengkonsumsi makanan cepat saji dan beralih ke pola makan sehat yang baik bagi kesehatan.

10. Menggigit Kuku

Ya, mungkin Anda pernah melakukannya ketika merasa gugup atau ketika sedang melamun. Namun, hal itu ternyata merugikan kesehatan Anda. Tangan manusia lebih rentan terhadap kuman dan bakteri karena sering bersentuhan dengan benda lain. Memasukkan tangan yang sudah terinfeksi kuman dan bakteri kedalam mulut akan membuat Anda mudah terserang penyakit seperti flu dan batuk.

Itulah paparan dan penjelasan tentang 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan kita. Dari 10 kebiasaan tersebut, manakah yang paling sering Anda lakukan? Sebaiknya Anda segera menghentikannya, karena itu akan merugikan kesehatan tubuh Anda.

Sekian postingan saya pada kesempatan ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi saya pribadi dan bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan Anda, wassalam.

Leave a Reply