Manfaat vitamin E untuk kesehatan

Manfaat vitamin E untuk kesehatan

Ada banyak jenis vitamin yang bisa dikonsumsi oleh manusia. Mulai dari vitamin A, vitamin C, E, K, B1, B3, dan lainnya. Masing-masing vitamin memiliki fungsi dan manfaatnya sendiri bagi tubuh manusia. Salah satu vitamin yang penting adalah vitamin E.

Vitamin E bisa ditemukan dalam minyak sayur, sayuran hijau seperti bayam atau makanan seperti kacang dan telur. Banyak yang sudah tahu bahwa vitamin E baik untuk kesehatan. Namun apakah Anda mengetahui fungsi sebenarnya dari vitamin E? Jika belum, simak manfaatnya seperti dilansir oleh Mag for Women, berikut ini.

1. Kualitas antioksidan

Manfaat paling besar dari vitamin E adalah kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Dikombinasikan dengan oksigen, antioksidan ini sangat ampuh menghancurkan radikal bebas. Untuk itu, seringkali vitamin E digunakan untuk kesehatan kulit dari serangan radikal bebas sinar matahari.

2. Mengatur aktivitas enzim

Vitamin E membantu tubuh mengatur aktivitas enzim, salah satunya berkaitan dengan pertumbuhan otot polos. Zat dalam vitamin E mengatur pertumbuhan otot polos agar tidak merugikan tubuh.

3. Menyembuhkan luka

Vitamin E juga memiliki efek yang baik ketika seseorang mengalami luka. Vitamin E berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan meregenerasi jaringan ekstra sel yang rusak atau hilang.

4. Fungsi saraf

Vitamin E membantu menghambat agregasi trombosit pada darah. Hal ini berkaitan dengan aktivitas saraf dan fungsi saraf dalam tubuh. Dengan kata lain, vitamin E membantu menjaga fungsi dan kesehatan saraf.

5. Melindungi lipid dalam tubuh

Vitamin E juga berfungsi untuk menjaga lipid dan mencegah oksidasi lemak jenuh. Vitamin bekerja dengan melancarkan kinerja lipid dalam tubuh.

Itulah beberapa manfaat vitamin E untuk kesehatan. Perlu diingat bahwa meski bermanfaat jangan terlalu banyak mengonsumsi vitamin E. Selain itu, sebaiknya konsumsi vitamin E yang berasal dari makanan atau bahan alami daripada dari suplemen. 

Leave a Reply