Pengertian tentang Komputer dan Teknologi Informasi?

Pengertian tentang Komputer dan Teknologi Informasi?

Setiap hari kita selalu melihat dan mengoperasikan komputer. Namun, sebenarnya apakah kita tahu dan mengenal apa itu "komputer"?

Pengertian Komputer

Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin "computare" yang berarti menghitung (to compute/to reckon).

Menurut Blissmer, (1985), komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Sedangkan menurut Sanders, (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memposesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan didalam memori.

Masih banyak lagi para ahli yang mencoba mendefenisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan didalam memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Untuk pembahasan lebih lengkap mengenai komputer, silahkan baca: Klasifikasi dan Perkembangan Komputer Masa Kini.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi berasal dari 2 kata dalam bahasa Yunani, yaitu "techne" dan "logos" yang berarti “teknik” dan “ilmu pengetahuan”. Sedangkan informasi adalah sekumpulan data yang terorganisir. Maka dari pengartian tersebut bisa kita definisikan bahwa teknologi informasi adalah ilmu yang mempelajari teknik atau cara penyampaian informasi.

Menurut kamus Oxford, (1995) Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Menurut Haag & Keen, (1996), Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Menurut Martin, (1999) Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

Menurut William & Sawyer, (2003) Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information Technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa;

"teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bio-informatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Leave a Reply