Tips Motivasi untuk Membangkitkan Semangat Diri

Tips Motivasi untuk Membangkitkan Semangat Diri

Kehilangan motivasi untuk melakukan tugas sehari-hari adalah hal yang biasa terjadi pada kebanyakan manusia, terutama jika tugas harian tersebut adalah hal yang Anda lakukan secara berulang-ulang dan membosankan.

Bagaimana Cara Memotivasi dan Menumbuhkan Semangat pada Diri Sendiri?

Sebagai contoh, ketika kita memutuskan akan berolahraga setiap pagi, rasanya seperti perang tarik tambang secara mental. Saat proyek atau tugas kuliah sedang macet atau saat Anda kehilangan kreativitas Anda, Anda harus terus berusaha untuk menumbuhkan disiplin diri. Nah, jika Anda merasa kehilangan motivasi, coba Anda gunakan salah satu dari 10 tips dibawah ini untuk menemukan kembali kreativitas Anda untuk membantu memacu semangat Anda.

1. Membuat Daftar Kegiatan Sehari-hari

Catatlah hal-hal penting yang wajib anda lakukan, seperti "shalat lima waktu" dan "makan dan istirahat tepat waktu". Setelah Anda melihat beberapa hal yang telah Anda lakukan dalam daftar ini, Anda akan merasa termotivasi untuk menyelesaikan semua hal yang harus dilakukan dalam daftar ini.

2. Memasang Alarm Pengingat di Ponsel atau di Komputer

Suara-suara alarm itu akan mengingatkan Anda untuk kembali fokus pada pekerjaan/tugas kuliah Anda saat Anda asyik ber-sosial media atau menonton video-video lucu.

3. Memberi "Rewards" atau Upah untuk Diri Sendiri

Ketika Anda menghadapi tugas yang tidak Anda suka seperti disuruh oleh orang tua Anda untuk membersihkan kamar mandi, Anda bisa mencoba untuk mengupahi diri sendiri saat Anda menyelesaikan tugas tersebut. Biasanya saya mengupahi diri sendiri dengan meminum secangkir kopi dan sepotong kue.

4. Menentukan Batas Waktu Kerja

Tetapkan diri untuk melakukan tugas dalam waktu tertentu, seperti 20 menit. Anda akan menemukan diri tenggelam dalam tugas-tugas Anda dan mampu melanjutkan tugas-tugas yang lainnya dengan penuh semangat.

5. Mencari Seseorang yang Dapat Memotivasi

Mintalah teman atau anggota keluarga untuk membantu Anda tetap termotivasi. Saya akan makan makanan yang lebih sehat dan berolahraga lebih teratur jika ada orang yang memotivasi saya.

6. Membagi Tugas

Ubahlah satu tugas yang besar menjadi beberapa tugas yang lebih kecil. Melakukan satu proyek yang besar jika di bagi-bagi menjadi tugas-tugas kecil yang teratur, akan membantu Anda untuk tetap termotivasi untuk menyelesaikan proyek tersebut.

7. Meluangkan Waktu untuk Mengerjakan Tugas dengan Benar

Seringkali saya tidak ingin memulai mengerjakan sesuatu karena saya berpikir saya tidak akan bisa menyelesaikan tugas tersebut. Luangkan satu sore atau satu hari untuk melakukan satu tugas Anda. Anda akan merasakan kepuasan bila Anda melakukan tugas Anda dengan benar.

8. Membayangkan Hasil dari Kerja Keras Anda

Para atlet menggunakan psikologi olahraga sebagai bagian penting dari latihan mereka. Anda dapat melakukan hal yang sama dengan membayangkan kamar tidur Anda teratur dengan sempurna, menyelesaikan proyek/tugas kuliah dengan baik dan tepat waktu, atau bayangkan sebahagia apa saat Anda menyelesaikan proyek/tugas pertama yang Anda kerjakan.

9. Menganggap Kegagalan Sebagai Gerbang Menuju Kesuksesan

Sangatlah mudah untuk berkecil hati ketika segala sesuatu tidak berjalan dengan baik. Bila Anda mengalami penolakan atau kegagalan, cobalah untuk menemukan sesuatu yang positif dalam situasi tersebut. Apa yang dapat Anda pelajari? Bagaimana Anda bisa memperbaiki diri?

10. Memilih Seorang Pahlawan Motivator

Pilihlah seseorang yang dapat memotivasi Anda mungkin anggota keluarga atau seseorang yang dapat mengatasi rintangan hidup yang luar biasa untuk menjadi sukses. Pikirkan tentang orang itu saat Anda memiliki kesulitan untuk tetap termotivasi.

Hentikan stagnasi dan teruslah maju dalam kehidupan dengan tetap termotivasi. Jika Anda terjebak dalam lubang, jadikanlah itu sebagai polisi tidur, jangan jadikan sebagai tempat istirahat. Selamat berusaha!

Sekian motivasi sederhana untuk membangkitkan semangat Anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi saya pribadi dan bagi kita semua. Wassalam.

Leave a Reply