Tips untuk Memulai Hidup Sehat

Tips untuk Memulai Hidup Sehat

Apakah Anda merasa hidup Anda "kelam" dan "suram"? Tubuh Anda kurang fit dan tidak semangat? Anda ingin memulai hidup sehat namun dibayangi perasaan malas serta tidak yakin mampu melakukannya? Sebaiknya Anda membuang jauh-jauh rasa malas itu dan segera memulainya.

Tubuh sehat dan bugar memang tidak didapatkan dengan begitu saja, kita dituntut untuk konsisten menjalani gaya hidup yang sehat serta rajin berolahraga. Walaupun terdengar sangat mudah, namun ternyata banyak orang yang merasa sulit untuk menjalani gaya hidup sehat dalam kehidupannya sehari-hari. Parahnya lagi, pada zaman yang serba cepat in banyak orang yang terjebak dengan gaya hidup yang tak sehat seperti terlalu sering mengkonsumi makanan cepat saji hingga sering begadang.

Sebenarnya memulai gaya hidup sehat tidaklah sulit jika Anda mau karena kita bisa memulainya dengan hal-hal sederhana yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Apa saja hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup yang sehat  ? Mari kita simak tips-tips dibawah ini.

1. Naik Tangga

Kebiasaan pertama yang bisa kita lakukan untuk memulai gaya hidup sehat adalah dengan cara naik turun tangga. Terkadang hal yang dianggap sepele ini pun orang sangat malas melakukannya dan lebih memilih menggunakan lift untuk naik ke lantai dua, padahal dengan naik turun tangga kita bisa bekerja sekaligus berolahraga. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa membuat berat badan Anda tetap ideal dan tubuh menjadi bugar karena ada gerakan setiap harinya.

2. Membatasi Konsumsi Gula

Untuk memulai gaya hidup yang sehat tentunya kita harus memulai dari diri sendiri. Bagaimana caranya ? mudah saja, yang harus Anda lakukan adalah membatasi konsumsi gula karena seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi gula yang berlebihan akan menyebabkan berbagai macam penyakit pada tubuh, salah satunya adalah penyakit diabetes. Tak hanya itu, kelebihan asupan gula juga membuat kulit menjadi cepat keriput dan meningkatkan resiko obesitas. So, jika Anda ingin tetap sehat dan bugar maka batasi konsumsi gula harian Anda.

3. Makan Siang dengan Sayuran

Langkah selanjutnya untuk memulai gaya hidup sehat adalah membiasakan diri dengan mengkonsumsi sayuran setiap hari. Sayuran sangat penting karena mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh, bahkan para ahli mengatakan bahwa orang yang jarang mengkonsumsi sayur resiko untuk terkena penyakit jantung sangat besar. So, mulailah dari sekarang untuk memasukan sayuran dalam menu makanan Anda karena banyak manfaatnya.

4. Memakai Minyak Zaitun Saat Memasak

Semua orang pasti tahu manfaat minyak zaitun bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu saya sarankan agar Anda mengganti minyak goreng yang biasa digunakan untuk memasak dengan minyak zaitun karena di anggap lebih sehat. Mungkin kebiasaan ini sangat sulit diubah oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, namun jika Anda ingin memulai gaya hidup yang sehat maka tidak ada salahnya untuk mencobanya.

5. Melakukan Meditasi

Cara terakhir agar tubuh tetap sehat dan bugar maka biasakanlah untuk bermeditasi. Tidak perlu harus melakukan olahraga berat untuk memulai gaya hidup yang sehat tetapi cukup bermeditasi saja di rumah maka hal ini sudah sangat membantu menyegarkan pikiran serta membuat tubuh menjadi rileks.

Itulah 5 tips sederhana untuk memulai gaya hidup sehat yang bisa Anda coba di rumah. Bagaimana, mudah bukan ? Namun semua itu tergantung pada pribadi kita masing-masing, mau atau tidak untuk memulai dan menjalaninya.

Sekian postingan saya pada kesempatan ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi saya pribadi dan bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan Anda, wassalam.

Leave a Reply