Ini 5 Panduan Pilih Oli Mobil!


Ini 5 Panduan Pilih Oli Mobil!

Memilih oli mobil terbaik tentunya sangat penting sekali. Seperti diketahui bahwa oli sendiri berfungsi untuk melindungi mesin kendaraan Anda dari kemungkinan terjadinya kerusakan. Namun, bagaimanakah cara yang tepat untuk memilih oli bagi mobil kesayangan? Yuk, simak tips di bawah ini!

Kegunaan oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas mesin saja, melainkan juga sebagai pelindung karat. Selain itu, oli juga berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil,membersihkan, sekaligus menutupi celah pada dinding mesin. Dengan segudang manfaat yang didapatkan, maka memilih oli tidak boleh dilakukan secara serampangan. Ada 5 langkah yang bisa dilakukan pada saat hendak memilih oli mobil terbaik:

1. Memahami Karakter dari Mesin Mobil

Anda bisa menemukan spesifikasi jenis oli mobil yang cocok untuk kendaraan Anda di manual book. Buku panduan ini sendiri bisa didapatkan pada saat membeli mobil. Dengan memerhatikan spesifikasi mesin yang benar, maka memilih oli mobil pun akan sangat mudah.

2. Perhatikan Tingkat Kekentalan Oli

Perlu untuk Anda ketahui bahwa oli hanya dapat memberikan perlindungan maksimal jika mempunyai kandungan yang sesuai dengan tipe mobil. Hal ini didasarkan pada tingkat kekentalan oli yang berbeda.

Mengetahui kekentalan oli biasanya ditunjukkan dengan nomor Society of Automotive Engineer (SAE). Jika angka yang ditunjukkan pada bagian belakang kode SAE semakin besar, maka oli tersebut memiliki kekentalan yang tinggi. Misalnya kode SAE 15W-40, maka suhu oli pada saat dingin adalah 15, sementara saat panas mencapai 40.

3. Bahan Pembuat Oli

Berdasarkan jenisnya, oli dibagi menjadi dua jenis:

- Oli Mineral

Oli jenis ini merupakan hasil proses ekstraksi dari minyak bumi. Oli tipe ini biasa dikenal dengan nama oli alami.

- Oli Sintetis

Terbuat dari campuran berbagai bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Mobil keluaran terbaru biasanya lebih cocok menggunakan oli sintetis, lantaran memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan yang pertama adalah memiliki kadar penguapan yang rendah. Hal ini disebabkan karena oli sintetis lebih stabil pada suhu tinggi. Tak hanya itu, memiliki ketahanan yang baik jika terjadi gesekan merupakan kelebihan yang juga dimiliki oli jenis ini. Oli sintetis juga mampu melumasi mesin kendaraan Anda lebih baik.

Selain itu, mesin pun menjadi lebih bersih karena terdapat kandungan detergen di dalamnya. Dari segi pengeluaran, oli ini tergolong ekonomis karena tahan terhadap oksidasi. Dengan demikian, Anda tidak perlu terlalu sering mengganti oli mobil,

4. Pilih Oli yang Bersertifikasi

Dengan memilih oli yang memiliki sertifikasi, Anda akan terlindungi dari kemungkinan memperoleh oli palsu. Oli palsu tentunya tidak dapat melindungi secara maksimal pada kendaraan. Justru merugikan untuk ke depannya.

5. Hindari Oli Abal-Abal

Jangan tergiur harga murah, jika ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada mobil. Biasanya oli palsu dibanderol dengan harga di bawah pasaran. Umumnya, oli model ini berwarna hitam dan juga lebih pekat jika dibandingan dengan oli berkualitas. Pada saat dipegang, oli palsu akan terasa kasar karena memiliki kandungan logam yang buruk bagi mesin. Dari segi bau, oli ini akan mengeluarkan aroma tengik sisa pembakaran.

Dengan mengikuti panduan memilih oli mobilterbaik seperti disebutkan di atas, diharapkan Anda dapat memilih oli yang tepat untuk kendaraan Anda. Mobil yang menggunakan oli berkualitas biasanya ditandai dengan bunyi mesin yang sangat halus, nyaris tak berisik. Tentu akan terasa nyaman saat mengendarainya ke mana saja.

Leave a Reply