Wajib Dipakai Tiap Hari, Berikut 5 Alasan Kesehatan Menggunakan Print Masker


Wajib Dipakai Tiap Hari, Berikut 5 Alasan Kesehatan Menggunakan Print Masker

Belakangan ini, Pemerintah mengimbau masyarakatnya untuk memakai masker tiap kali keluar rumah. Bukan tanpa alasan, penggunaan masker ini ternyata bisa berdampak positif bagi kesehatan anda. Penggunaan masker yang beragam tentu membantu bagi kebutuhan masyarakat. Terutama sekarang masker medis sangat langka, sehingga pemerintah menganjurkan untuk memakai print masker berbahan kain. Berikut alasan kesehatannya yang wajib anda ketahui!

Alasan Menggunakan Masker Print

1. Dapat Menangkal Berbagai Macam Virus

Dengan menggunakan masker membantu mencegah penyebaran berbagai macam penyakit terutama Covid-19 yang sedang mewabah saat ini. Menurut WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia, mengatakan bahwa dengan masker kain bisa mencegah masuknya virus ke dalam tubuh anda. Dengan  menggunakan masker kain yang terdapat tiga lapis lebih efektif untuk menangkal virus dibandingkan dengan masker satu lapis.

Pertama, lapisan dalamnya bisa menyerap, kemudian pada lapisan tengah akan bertindak sebagai filter atau penyaringan. Terakhir pada lapisan terluar yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap seperti poliester. Pada penelitian baru yang dilakukan oleh WHO, lapisan-lapisan print masker tersebut dapat memberikan penghalang mekanistik. Sehingga bisa menjaga agar tidak ada virus yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut ataupun hidung.

Para ahli di University of Maryland pernah melakukan studi efek masker transmisi terhadap virus flu atau virus corona. Hasilnya menjelaskan bahwa dengan menggunakan masker bisa menghambat penyebaran virus.  Meski tidak dilakukan langsung terhadap virus corona yang saat ini sedang mewabah, tetapi studi ini masih dianggap relevan. Sebab virus jenis SARS atau yang lainnya memiliki perilaku yang hampir sama dengan virus corona.

2. Dapat Mehindari Paparan Polusi Udara

Asap kendaraan bermotor, pabrik, rokok dan debu merupakan jenis-jenis dari polusi udara yang sering anda temukan setiap harinya. Paparan polusi ini dapat mempengaruhi kinerja paru-paru serta bisa meningkatkan resiko terserangnya penyakit jantung dan kelahiran prematur. Bagi masyarakat yang tinggal di daerah berpolusi tinggi, diharuskan untuk memakai print masker ketika akan keluar rumah.

Bagi anda juga yang dituntut melakukan berbagai kegiatan diluar ruangan tentunya penggunaan masker ini saat dibutuhkan. Dikarenakan kondisi saat di jalan, terdapat banyak sekali debu, kotoran dan asap kendaraan. Bukan hanya terhindar dari penyakit paru-paru dan jantung, tetapi juga bisa anda terhindar dari jerawat atau flek hitam yang disebabkan oleh debu debu jalanan.

3. Melindungi Wajah dari Efek Negatif Sinar Matahari

Selain dikarenakan debu dan polusi udara, dengan menggunakan masker juga dapat menjaga wajah anda agar tetap terlindungi dari terik sinar matahari. Karena sinar matahari bukan hanya membawa efek positif bagi tubuh anda, namun ada efek negatifnya pula. Apabila anda terkena paparan sinar matahari secara terus menerus dan berulang kali maka dapat menyebabkan penuaan dini, eksim, jerawat, flek hitam hingga kanker kulit.

Mengingat bahayanya terkena paparan sinar matahari berkepanjangan, anda disarankan untuk selalu menggunakan print masker saat berada diluar ruangan. Meski bukan masker medis, masker kain atau sejenisnya juga bisa membantu anda agar tetap terlindungi dari paparan jahat sinar matahari ke wajah anda. Bagi anda yang telah terkena paparan sinar matahari maka disarankan untuk rutin membersihkan wajah.

Meski masker bisa melindungi anda, namun bukan satu-satunya solusi. Jadi tetap utamakan kebersihan terutama tangan dan beberapa tindakan kesehatan lainnya. Tindakan pencegahan itu hanya merupakan bagian dari pendekatan komprehensif dalam memerangi virus. Tetapi anda tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan sebagai tindakan yang paling mendasar untuk pencegahan virus ini.


Leave a Reply